Rabu, 16 Februari 2011

Simulation Using proModel

Software Promodel merupakan suatu program computer yang dapat digunakan untuk simulasi dan menganalisa system produksi dari semua tipe dan ukuran.
Promodel memberikan kemudahan untuk menguji ide-ide baru untuk mendesain system sebagai sarana untuk perbaikan system yang sudah ada ataupun pembuatan system baru, yaitu dengan cara :
-          Membuat model dari suatu system
-          Melakukan eksperimentasi terhadap model tersebut.
-          Menganalisis hasil eksperimentasi yang telah dilakukan sehingga dapat diambil keputusan – keputusan untuk memperbaiki system.
Konsep eksperimentasi yang dikenal sebagai simulasi semakin sering dipakai pada masa sekarang. Hal ini mengingat karakteistik dari pendekatan simulasi itu sendiri yang cocok untuk diterapkan pada system kompleks yang bersifat sangat acak tetapi terdapat saling ketergantungan diantara komponen-komponen penyusunnya.
ProModel adalah suatu software yang khusus didesain untuk mensimulasikan masalah-masalah yang ada pada indistri manufaktur dimana barang-barang yang diproses adalah barang-barang yang terhitung. Keunggulan utama dari software ini adalah memiliki kemampuan animasi sehingga kita dapat melihat keadaan nyata pada layar computer tetapi tidak ada angka diperlihatkan. Sebagai suatu software simulasi, Promodel dapat membantu mengetahui keadaan system dimasa yang akan datang dalam waktu yang lebih singkat dengan melihat segala kemungkinan yang ada. Hasil akan diperoleh dari hasil statistik tersebut akan dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam mengidentifikasi sumber-sumber masalah dalam system sebenarnya serta mengambil keputusan dengan mengfanalisa angka-angka yang telah disajikan.



Masalah-masalah yang sering timbul pada industri manufakur dapat dengan mudah diselesaikan dengan software ini. Contoh permasalahan yang sering terjadi antara lain : Reengeneering Process, Time Cycle Reduction, Equipment Justifacation, Factory Lauout, Capcity Analys, Total Quality Managemeny, Material Handling System dan maintenance Planning.
Agar dapat membuat dan melakukan simulasi suatu model dengan menggunakan software ProModel, dibutuhkan minimum 4 komponen yaitu : Locations, Entities, Processing dan Arrivals.
Simulasi tidak akan dapat berjalan bila salah satu dari 4 komponen tersebut di atas tidak ada. Untuk model-model yang lebih kompleks nantinya akan dibutuhkan komponen-kompuonen lain seperti : variable, Resource dan Path Network, Attribut dab Shift.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar