Rabu, 16 Februari 2011

Simulation With Arena

ARENA adalah paket simulasi general-purpose yang memiliki kemampuan untuk memodelkan :
·         Sistem Manufaktur :
- Flowlines
- Assembly Lines
- Job Shop
- AS/RS Warehousing
- Fork Trucks
- Automated Guided Vehicles (AGV)
- Conveyors 
·         Sistem NonManufaktur :
- Paper Flow
- Health Care (Rumah sakit)
- Maintenance System
- Computer Networks
- Retail & Restaurant Facilities
- Transportation & Logistic System
- Business Process Reengineering (BPR)
- dll.


Fungsi-Fungsi Dasar Dalam Arena :
-          Arena adalah paket simulasi dalam ‘a complete windowing system’.
-          Pemodelan dengan Arena bersifat ‘Object-oriented modeling’.
-          Arena memberikan kemudahan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan model dengan menggunakan blok-blok yang disebut MODUL.
-          Modul-modul ini dibedakan berdasarkan logika fungsinya kedalam 3 kelompok PANEL yang disebut ARENA TEMPLATE. Selain Arena Template, terdapat juga SIMAN
-          Template (Blocks dan Elements) serta panel-panel dasar DRAW untuk menggambar background statis dan text, ANIMATE yang berisi fungsi-fungsi animasi, dan RUN untuk menjalankan dan mengendalikan simulasi serta melihat statistik hasil simulasi.
-          Untuk mempermudah membangun modelnya, Arena menggunakan Graphical User Interface (GUI) yang secara otomatis memberikan bentuk-bentuk pemodelan dengan mengurangi pekerjaan menulis/tik.
Konsep Template
·         Modul
Adalah sebuah konstruksi pemodelan independen yang digunakan untuk membangun bagian dari sebuah model simulasi lengkap.
·         Panel
Adalah satu set modul-modul yang dirancang untuk memodelkan sistem-sistem khusus.
·         Template
Adalah satu atau lebih panel yang merangkum semua konstruksi pemodelan yang dibutuhkan untuk memodelkan sistem-sistem khusus.
Template Pada Arena
Common Panel
• Terdiri dari fungsi-fungsi dasar untuk memodelkan semua sistem.
• Isinya meliputi aspek Logic dan Data Modules.
• Isinya merupakan modul-modul pemodelan tingkat tinggi (highest-level).
Transfer Panel
Terdiri dari alat transfer seperti Transporter dan Conveyor.
Support Panel
Terdiri dari modul-modul khusus dan konstruksi pemodelan tingkat rendah (Lower-level)
Animasi Dalam Arena
·         Pictures
Simbol yang digunakan untuk animasi entity. Setiap simbol memiliki nama atau gambar yang unik. Begitu sebuah entity selesai diproses, gambarnya dapat diubah menjadi sebuah simbol baru. “Picture” dapat didefinisikan sebagai sebuah atribut.

·         Resources
Simbol resource dapat berubah untuk menunjukkan statusnya (idle, busy, inactive). Status resource ini sifatnya user-defined.
·         Queues Dan Storages
Simbol area menunggu (tempat antrian) digunakan untuk menunjukkan tempat setiap entity mengantri. Queues berwarna biru muda dan Storage berwarna biru tua dan berbentuk T.
·         Routes
Digunakan untuk menggambarkan path (arah) yang diikuti oleh aliran entity dari satu station ke station lainnya.
·         Transporters, Distances, Dan Links
• Animasi transporter memperlihatkan gerakan ‘free-path’ transporter dari satu station ke station lainnya, atau ‘guided’ transporter dari satu ‘intersection’ ke ‘intersection’ lainnya.
• Untuk ‘free-path’ transporter, Distances dalam panel Transfer digunakan untuk mendefinisikan path yang diikuti oleh transporter dalam animasi antar dua station.
• Untuk ‘guided’ transporter, digunakan Links (dalam network) untuk menyatakan path yang diikuti oleh transporter antar intersection. Guided transporter akan mengikuti path terpendek (shortest path) dalam network.
Conveyors Dan Segments
Conveyor (accumulating atau non-accumulating) dapat dianimasi dengan mendefinisikan path yang diikuti oleh entity dengan menggunakan modul Segmen untuk menghubungkan antar dua station dan jaraknya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar